Tips Hemat Belanja Menjelang Lebaran Biar Nggak Cekak

Photo credit: elegantria

Tak hanya menjelang lebaran, sebenarnya pengeluaran sudah harus diatur sejak bulan puasa supaya bujet bulanan tidak membengkak. Terlebih saat menjelang Hari Raya, akan ada banyak kebutuhan yang harus diperlukan, seperti membeli baju lebaran, camilan, uang THR buat sepupu dan ponakan, bahkan modal mudik buat kamu yang tinggal di perantauan. Tidak heran, jika harga-harga menjelang lebaran pun mulai naik satu per satu tidak seperti biasanya.

Nah, untuk menghindari pengeluaran yang tak terkendali, kamu perlu mengetahui tips mengatur anggaran saat Lebaran supaya tidak membakar habis uang tabunganmu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Menulis Rencana Anggaran Buat Lebaran

Photo credit: smartmama

Biasanya, pengeluaran yang membengkak di hari Lebaran disebabkan oleh hal-hal kecil yang tidak tercatat sehingga terakumulasi menjadi pengeluaran dalam jumlah yang besar. Pengeluaran tersebut biasanya berupa uang bensin buat kamu yang mudik, salam tempel buat ponakan, uang untuk jajan di perjalanan, dan lain sebagainya. Untuk menghindari keuangan yang tidak teratur, mulailah dengan mencatat berbagai kebutuhan tersebut dalam satu buku kecil, baik itu pengeluaran dalam jumlah yang kecil maupun besar. Jika sudah, kamu akan bisa melihat total pengeluarannya dan memililh kira-kira mana yang bisa dikurangi untuk menghemat uang.

Buatlah Skala Prioritas Kebutuhan

Photo credit: job-like

Jangan hanya me-list daftar kebutuhan yang kamu perlukan saat menjelang lebaran. Namun, buatlah skala prioritas dari daftar kebutuhanmu, mulai dari yang urgent hingga kebutuhan yang bisa dipenuhi nanti. Tanyakanlah padamu sendiri, apakah keperluan tas dan sepatu baru harus dipenuhi saat ini juga?

Memang, Lebaran selalu identik dengan berbagai  tren baju muslim terbaru yang baru. Namun, jika pada akhirnya akan membuat bujetmu membengkak, akan lebih baik jika pemenuhannya ditunda terlebih dulu. Sebaiknya, penuhi prioritasmu terlebih dahulu, seperti membeli tiket pesawat, uang mudik, dan lainnya. Setelah semua terpenuhi, kamu bisa mulai memenuhi kebutuhan selanjutnya.

Memangkas Anggaran yang Tidak Penting

Photo credit: job-like

Daftar kebutuhan yang sesuai dengan skala prioritas ini memang sangat penting sekali untuk dibuat. Kamu bisa memilih dan memperkirakan berapa total pengeluaran yang harus kamu sediakan. Jika sudah menentukan bujet khusus untuk Lebaran, kamu bisa menyesuaikan dengan daftar keperluan prioritas.

Jika kebutuhan primer saja sudah cukup dengan anggaranmu, sebaiknya pangkas untuk kebutuhan sekunder dan tersier yang pemenuhannya bisa ditunda lain waktu. Terlebih, jika kemampuan finansialmu memang tidak sesuai dengan anggaran belanja yang ditulis. Jangan mudah terpengaruh oleh godaan-godaan yang bakal bikin keuanganmu minus. Lebih baik tetap tampil sederhana, tapi kantong tidak jebol, bukan?

Eksekusi Anggaran Sesuai Rencana

Photo credit: uangteman

Biasanya saat sudah mengurutkan anggaran dari yang primer hingga sekunder, akan banyak godaan-godaan untuk membeli daftar kebutuhan secara tidak urut sesuai prioritas. Namun, supaya keuanganmu tetap terjaga, kamu harus menghadapi tantangan godaan tersebut supaya tidak goyah. Hal terpenting adalah bujet untuk anggaran kebutuhan primer tidak boleh diganggu gugat. Pasalnya, kebutuhan tersebut sangat penting dibanding kebutuhan yang lain. Sebaiknya, susunlah belanja prioritas bersama keluarga supaya bisa saling mengingatkan kalau kamu mulai khilaf.

Jangan Habiskan Bujet

Photo credit: economy.okezone

Hari Lebaran memang memberikan kesempatan bagi kamu untuk memperoleh tambahan pemasukan dari tunjangan-tunjangan. Namun, pastikan kamu tetap konsisten untuk memenuhi kebutuhan utama lebih dulu. Jangan sampai kamu tergoda untuk menghabiskannya dalam satu momen saja. Ingat, masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi pada saat mendatang, seperti membayar cicilan, biaya pendidikan, dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa tips hemat lebaran yang bisa kamu lakukan saat menjelang Hari Raya. Untuk mengatasi berbagai keperluan belanja yang harganya naik, kamu bisa menyelesaikannya dengan memanfaatkan beberapa promo ramadhan sale Shopee yang sedang banyak diburu pembeli. Yuk, mulai belanja hemat dan atur pengeluarannya secara bijak!

 

ADD YOUR COMMENT