Ceramah Khalid Basalamah di Sidoarjo Dibubarkan, Ada Apa?

Khalid Basalamah yang mengadakan pengajian akbar di Sidoarjo Jawa Timur terpaksa harus dibubarkan setelah mendapatkan protes dari pihak Gerakan Ansor dan juga Barisan Serba Guna alias Banser. Pengajian yang dilakukan pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 kemaren benar dibubarkan. Lalu, kenapa hal ini terjadi?

Ansor dan Banser yang merupakan kelompok yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama alias NU menuding bahwa ulama Khalid Basalamah ini sering memberikan materi yang menyudutkan kelompok lain. Hal ini jelas tidak baik dan akan memecah belah umat Islam. Terlebih lagi juga akan mampu memecah belah Bangsa Indonesia.

“Kami meminta pengajian ini dibatalkan karena isi ceramahnya sering provokatif dan sering menjelekkan organisasi Islam lainnya,” kata Rizza Ali Faizin, Ketua Ansor Cabang Sidoarjo, di lokasi pengajian, Masjid Shalahuddin, Perumahan Puri Suya Jaya, Gedangan Sidoarjo.

“Bukannya kami ini benci terhadap pengajian, namun kami tidak sependapat dengan isi pengajian, yang sering mengadu domba antar umat beragama, atau mengajak saling membenci antar umat. Sebenarnya kami sudah melakukan penolakan melalui surat resmi ke pengurus takmir Masjid Shalahuddin, tapi kenapa masih tetap berlangsung,” paparnya.

Pengajian akbar yang diisi oleh Khalid Basalamah yang baru berjalan sekitar 25 menit pun akhirnya benar-benar dihentikan. Akan hal ini, Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Muhammad Anwar Nasir pun memberikan konfirmasi.

“Sudah ada kesepakatan antara pihak pengurus takmir Masjid Shalahuddin dan Pengurus Ansor Cabang Sidoarjo, dengan kesepakatan bahwa ceramah Khalid Basalamah tidak diteruskan. Diganti dengan penceramah lainnya,” jelasnya.

Lalu siapakah Khalid Basalamah? Ternyata beliau adalah ketua dari Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur. Dalam penyampaian ceramahnya sendiri, Khalid memang dikenal sering memberikan sajian yang memiliki nada yang provokatif. Salah satu media yang dijadikan tempat penyebaran ceramah dari Khalid Basalamah sendiri adalah Youtube.

ADD YOUR COMMENT