6 Penyebab Bayi Sungsang di dalam Kandungan Ibu

Saat hamil Anda perlu menjaga aktivitas yang dilakukan demi keselamatan bayi Anda. Aktivitas yang berlebihan akan membuat posisi bayi di dalam kandungan mengalami sungsang. Jika kondisi bayi sudah tidak normal maka akan menyebabkan terjadinya persalinan tidak normal. Berikut penyebab terjadinya bayi sungsang.

  1. Rahim yang Sempit

Bentuk rahim sempit atau terjadinya kelainan rahim yang disebabkan oleh cedera atau trauma kecelakaan akan membuat bentuk rahim menjadi sempit. Faktor usia akan membuat pinggul mengecil dan bisa juga menjadi penyebab dari rahim yang sempit. Kondisi rahim yang sempit merupakan penyebab terjadinya bayi yang sungsang.

  1. Usia Ibu Hamil

Kondisi ibu hamil yang berisiko saat hamil untuk menyebabkan bayinya menjadi sungsang. Usia yang berisiko besar yaitu ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun karena kondisi fisik ibu dan juga kondisi panggulnya yang sudah mulai menyempit. Pada ibu hamil dengan usia yang terlalu muda bayi sungsang terjadi karena kondisi rahim yang belum siap untuk dibuahi.

  1. Kondisi Air Ketuban dan Tali Pusat

Kondisi air ketuban yang normal akan menjaga kenyamanan bayi saat bergerak. Jika kondisi air ketuban mulai bermasalah yaitu volume air ketuban yang sedikit akan membuat bayi bergerak dengan tidak bebas dan menyebabkan saat persalinan bayi susah untuk masuk kebagian panggul. Volume ketuban yang terlalu banyak ini yang menjadi penyebab terjadinya bayi sungsang.

Kondisi tali pusat juga menjadi penyebab bayi sungsang. Tali pusat dengan ukuran yang pendek membuat bayi Anda kesulitan untuk bergerak atau berputar. Bahkan saat bayi berusaha berputar ke arah panggul yang terjadi malah bayi terlilit tali pusat dan berisiko besar untuk persalinan normal. Bayi harus lahir secara prematur untuk menghindari risiko yang lebih besar.

  1. Ketuban yang Pecah

Ketuban yang pecah atau bocor akan menyebabkan bayi berputar aktif hingga menjadi sungsang atau bahkan terlilit tali pusat. Pecahnya ketuban membuat bayi merasa sangat gelisah dan membuatnya bergerak  tak terkendali. Bahkan bagian tubuh bayi yang tidak seharusnya masuk ke panggul bisa menjadi masuk.

  1. Bentuk Fisik Pinggul Bayi Belum Sempurna

Nutrisi yang cukup pada ibu yang sedang hamil akan berbanding lurus dengan perkembangan fisik bayi yang sesuai dengan usia kehamilannya. Semua organ akan terbentuk dengan baik termaksud bagian pinggul bayi Anda.

Ada kondisi yang menyebabkan pembentukan pinggul bayi tidak sempurna yaitu ruangan rahim yang sempit sehingga mendorong pinggul bayi masuk terlalu awal ke bagian panggul ibu dan menyebabkan sungsang.

  1. Duduk yang Terlalu Lama

Posisi duduk yang terlalu lama akan mendesak bayi Anda berputar untuk mencari posisi yang paling nyaman di dalam rahim. Saat bayi berputar ini lah akhirnya bayi tidak menempatkan posisi kepalanya dengan tepat. Anda sebaiknya selalu berdiri setiap satu jam jika beraktivitas di kantor dan duduklah dengan menggunakan alas tempat duduk yang lembut.

Salah satu upaya untuk menjaga kondisi bayi di dalam kandungan adalah dengan menggunakan sabuk penyangga perut khusus bu hamil. Sabuk ini bermanfaat untuk mencegah rahim menurun, dan memberikan kenyamanan juga keamanan saat beraktivitas. Anda bisa mendapatkan sabuk ini dengan promo lebaran diskon hingga 15% di toko online perlengkapan bayi Orami.

ADD YOUR COMMENT