2 Cara Mudah Menghemat Listrik di Rumah Anda

Advertisement
advertisement

Dewasa ini kebijakan pemerintah terhadap tagihan listrik semakin tinggi. Yang perlu Anda lakukan yaitu menghemat penggunaan daya listrik dalam siklus kehidupan sehari-hari. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan listrik tanpa menghematnya akan menimbulkan pemanasan global serta tagihan listrik yang kian melonjak. Memilih peralatan elektronik hemat energi bersertifikat, mengurangi kebiasaan boros menggunakan daya listrik, melakukan pekerjaan rumah tangga dengan peralatan elektronik secara teratur dan memasang alat penghemat listrik terbaik akan membantu dalam mengurangi pemanasan global dan tagihan listrik di akhir bulan cukup ringan. Untuk mengetahui beberapa cara menghemat listrik di rumah Anda, simak ulasannya sampai tuntas.

  • Pencahayaan Dalam dan Luar Ruangan

Pertama, gunakanlah pencahayaan yang alami. Matikan lampu di setiap ruangan di siang hari dan baiknya mengandalkan cahaya dari sinar matahari saja.

Kedua, gunakanlah satu ruangan saja untuk berkumpul di malam hari. Sebelum Anda dan seluruh anggota keluarga tidur, alangkah baiknya berkumpul di satu ruangan saja dan ruangan lainnya dalam keadaan lampu mati.

Ketiga, Pakailah lilin aroma terapi beberapa kali dalam seminggu. Anda tidak perlu menunggu pemadaman listrik untuk menggunakan lilin di salah satu ruangan, seperti kamar tidur. Ada baiknya Anda menyalakan lilin aroma terapi ketika tidur dan melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

  • Peralatan dan Elektronik

Pertama, cabut semua peralatan elektronik dari saklar. Ketika semua peralatan elektronik tidak lagi digunakan dan diperlukan, sebaiknya biasakan agar dalam keadaan mati atau off. Apalagi ketika hendak tidur, lebih baik tidak membiarkan TV selalu menyala, ponsel selalu di cas, rice cooker tetap menyala dan AC dalam keadaan on atau hidup. Karena semua itu akan mengakibatkan pemborosan listrik.

Kedua, tidak selalu mengandalkan peralatan listrik dalam melakukan pekerjaan rumah. Tidak setiap pekerjaan rumah harus dikerjakan dengan menggunakan peralatan elektronik, karena bisa mengakibatkan ketergantungan dan penggunaan listrik akan semakin boros.

Ketiga, ganti semua peralatan elektronik dengan yang lebih hemat energi. Mulai dari lampu, TV, carger, rice cooker dan lain – lain, usahakan semuanya bersertifikat hemat energi.

Dengan demikian, penggunaan listrik di rumah Anda akan lebih hemat dan efek emisi pada lingkungan bisa terkendali.

Untuk menemukan jasa terbaik masalah perlistrikan dan sewa menyewa peralatan atau instalasi listrik lainnya, bisa Anda kunjungi situs berikut ini http://sewatama.com/id/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/.

Advertisement
advertisement
2 Cara Mudah Menghemat Listrik di Rumah Anda | yazidku | 4.5